Sabtu, 22 September 2012

Sejarah Travel

Sejarah Travel

Perusahaan Inggris Cox & Kings acapkali disebut sebagai Biro Perjalanan tertua di Dunia yang didirikan pada tahun 1758.

Sir Richard Cox

 Tokoh yang mengangkat profesi Travel Agent  sebagai salah satu Cabang Usaha adalah Thomas Cook.
Thomas Cook dilahirkan pada tanggal 22 November 1808 di kota Melbourne, Derbyshire (Inggris). Thomas Cook mempunyai sifat mudah bosan, meskipun demikian Thomas Cook adalah orang yang kreatif. Ia memperhatikan dan mempelajari perkembangan transportasi yang semakin pesat. Selain itu ia juga memperhatikan perkembangan akomodasi perhotelan. Seiring perkembangan sarana transportasi dan akomodasi, disetiap kota penting di dunia didirikan hotel-hotel dan segala fasilitasnya. Secara tiba-tiba timbul ide dalam benak Thomas Cook untuk menyelenggarakan suatu Perjalanan Wisata dengan Kereta Api.
Pada 5 Juli 1841, Thomas Cook melaksanakan idenya dengan menyelenggarakan Tournya yang pertama. Ia menyelenggarakan perjalanan wisata dari Kota Leicester ke Kota Lougboruogh. Tour ini merupakan tour yang pertama dan paling bersejarah. Ia memberi nama Tour tersebut dengan sebutan “A Round Trip Excursion”.  Untuk mengikuti tour tersebut, setiap peserta ditarik biaya sebesar 1 shilling.
Di luar dugaannya, peminat yang ingin mengikuti acra tour ini cukup banyak yaitu 500 orang. Karena banyaknya peserta dalam tour itu, ia mencarter kereta api dari sebuah perusahaan kereta api yang bernama Midland Counties Railway Company. Thomas Cook mendapat komisi sebesar 5% dari harga penjualan tiket kereta api.
Itulah saat dikenalnya awal mula sistem komisi dalam dunia travel agent atau usaha perjalanan wisata. Acara tour ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang hangat. Oleh karena itu, Thomas cook dianggap sebagai pengatur perjalanan pertama di dunia.
Thomas Cook, selain mengembangkan paket Totur, juga membentuk rantai keagenan yang memiliki kaitan dengan proyek Kereta Api Midland. Mereka tidak hanya menjual paket wisata kepada publik, tetapi juga mewakili perusahaan-perusahaan tour lainnya.
Setelah perkembangan jaringan kereta api, dan pembangunan hotel-hotel, Thomas Cook memperluaskan daerah tujuan wisatanya. Pada tahun 1851 diselenggarakan ”World Exposition” di London. Banyaknya orang yang ingin menyaksikan acara ini, atas permintaan para pelanggannya. Thomas Cook menyelenggarakan tour ke London. 
Pada tanggal 4 Juli 1887, Walter T. Brownell memimpin sepuluh wisatawan melalukan tour di Eropa, dengan mengatur pelayaran dari New York dengan menaiki SS Devonia.
Lembaga Perintis Travel Agent lainnya di Inggris adalah Dean & Dawson, adalah tokoh dari lembaga Perhimpunan Politeknik Perjalanan atau Polytechnic Touring Association dan Co-operative Wholesale Society sedangkan biro perjalanan tertua di Amerika Utara adalah Brownell Travel.
Namun biro perjalanan modern yang pertama kali muncul dikenal pada paruh kedua abad ke-19. Biro perjalanan menjadi lebih umum dengan berkembangnya penerbangan komersial, yang dimulai pada tahun 1920.
Pada awalnya, sebagian besar agen perjalanan melayani konsumen kelas menengah atas, tetapi pasca perang dunia dengan munculnya pasar paket liburan secara massal telah menghasilkan agen-agen perjalanan yang beroperasi di sebagian besar jalan-jalan utama kota Inggris. Mereka menawarkan pelayanan pesta-pesta dan acara untuk klien kelas pekerja yang mencari cara yang nyaman untuk mengisi liburan di pantai-pantai.
Majunya system transportasi, baik transportasi darat, laut maupun udara membuat semakin banyaknya orang-orang yang melakukan perjalan.
Daftar Referensi :
http://www.coxandkings.com/about-us/index.shtml
http://www.scribd.com/doc/39044078/12/A-Sejarah-Berdirinya-Travel-Agent